Fakta Planet Bumi

Fakta Bumi

PROFIL PLANET BUMI

Diameter ekuatorial:12,756 km
Diameter kutub:12.714 km
Massa:5,97 × 10 ^ 24 kg
Bulan:1 ( Bulan )
Jarak Orbit:149.598.262 km (1 AU)
Periode Orbit:365.24 hari
Suhu permukaan:-88 hingga 58 ° C

Bumi adalah planet ketiga dari Matahari dan merupakan planet terestrial terbesar . Bumi adalah satu-satunya planet di tata surya kita yang tidak dinamai dewa Yunani atau Romawi. Bumi dibentuk sekitar 4,54 miliar tahun yang lalu dan merupakan satu-satunya planet yang dikenal untuk mendukung kehidupan.

Fakta tentang Bumi

  • Rotasi bumi secara bertahap melambat.
    Perlambatan ini terjadi hampir secara tak terlihat, sekitar 17 milidetik per seratus tahun, walaupun laju terjadinya tidak seragam sempurna. Ini memiliki efek memperpanjang hari-hari kita, tetapi itu terjadi begitu lambat sehingga bisa mencapai 140 juta tahun sebelum lamanya sehari akan meningkat menjadi 25 jam.
  • Bumi pernah diyakini sebagai pusat alam semesta.
    Karena pergerakan jelas Matahari dan planet-planet sehubungan dengan sudut pandang mereka, para ilmuwan kuno bersikeras bahwa Bumi tetap statis, sementara benda langit lainnya melakukan perjalanan dalam orbit melingkar di sekitarnya. Akhirnya, pandangan bahwa Matahari berada di pusat alam semesta didalilkan oleh Copernicus, meskipun ini juga tidak terjadi.
  • Bumi memiliki medan magnet yang kuat.
    Fenomena ini disebabkan oleh inti besi-nikel planet ini, ditambah dengan perputarannya yang cepat. Bidang ini melindungi Bumi dari efek angin matahari.
  • Hanya ada satu satelit alami dari planet Bumi.
    Sebagai persentase dari ukuran tubuh yang mengorbit, Bulan adalah satelit terbesar dari planet mana pun di tata surya kita. Namun, secara riil, ini hanyalah satelit alami terbesar kelima.
  • Bumi adalah satu-satunya planet yang tidak dinamai dewa.
    Tujuh planet lainnya di tata surya kita semuanya dinamai menurut dewa atau dewi Romawi. Meskipun hanya Merkurius , Venus , Mars , Jupiter dan Saturnus dinamai pada zaman kuno, karena mereka terlihat dengan mata telanjang, metode penamaan planet Romawi dipertahankan setelah penemuan Uranus dan Neptunus .
  • Bumi adalah planet terpadat di Tata Surya.
    Ini bervariasi sesuai dengan bagian planet ini; misalnya, inti logam lebih padat dari kerak bumi. Kepadatan rata-rata Bumi adalah sekitar 5,52 gram per sentimeter kubik.                  

Diagram Bumi


-70% permukaan bumi tertutup air
Ketika para astronot pertama kali masuk ke ruang angkasa, mereka melihat kembali ke Bumi dengan mata manusia untuk pertama kalinya, dan menyebut rumah kita Planet Biru. Dan itu tidak mengherankan. 70% dari planet kita ditutupi oleh lautan. 30% sisanya adalah tanah padat, naik di atas permukaan laut.
-Earth sebagian besar adalah besi, oksigen, dan silikon.
Jika Anda dapat memisahkan Bumi menjadi tumpukan material, Anda akan mendapatkan 32,1% besi, 30,1% oksigen, 15,1% silikon, dan 13,9% magnesium. Tentu saja, sebagian besar besi ini sebenarnya turun di inti bumi. Jika Anda benar-benar bisa turun dan mencicipi inti, itu akan menjadi besi 88%. 47% dari kerak bumi terdiri dari oksigen.
-Earth tidak butuh 24 jam untuk berputar pada sumbunya.
Ini sebenarnya 23 jam, 56 menit dan 4 detik. Ini adalah jumlah waktu yang diperlukan Bumi untuk sepenuhnya berputar di sekitar porosnya; astronom menyebutnya hari sidereal. Sekarang tunggu sebentar, itu artinya sehari lebih pendek 4 menit dari yang kita kira. Anda akan berpikir bahwa waktu akan bertambah, hari demi hari, dan dalam beberapa bulan, hari akan menjadi malam, dan malam akan menjadi hari.
-Tahun di Bumi bukan 365 hari
Ini sebenarnya 365,2564 hari. Ini tambahan 0,2564 hari yang menciptakan kebutuhan untuk tahun kabisat. Itulah sebabnya kami menerapkan satu hari ekstra pada bulan Februari setiap tahun yang dapat dibagi 4 - 2004, 2008, dll - kecuali jika dapat dibagi 100 (1900, 2100, dll.) ... kecuali dibagi oleh 400 (1600, 2000, dll).
-Earth memiliki 1 bulan dan 2 satelit co-orbital
Seperti yang mungkin Anda ketahui, Bumi memiliki 1 bulan (Bulan). Tapi tahukah Anda ada 2 asteroid tambahan yang dikunci menjadi orbit co-orbital dengan Bumi? Mereka disebut 3753 Cruithne dan 2002 AA29. Kami tidak akan membahas terlalu detail tentang Bulan, saya yakin Anda telah mendengar semua tentang Bulan.
3753 Cruithne adalah 5 km, dan kadang-kadang disebut bulan kedua Bumi. Itu sebenarnya tidak mengorbit Bumi, tetapi memiliki orbit yang disinkronkan dengan planet asal kita. Ia memiliki orbit yang membuatnya tampak seperti mengikuti Bumi di orbit, tetapi sebenarnya mengikuti jalurnya sendiri yang berbeda mengelilingi Matahari.
2002 AA29 hanya 60 meter, dan membuat orbit tapal kuda di sekitar Bumi yang membawanya dekat dengan planet ini setiap 95 tahun. Dalam sekitar 600 tahun, ia akan tampak melingkari Bumi dalam orbit kuasi-satelit. Para ilmuwan telah menyarankan bahwa itu mungkin menjadi target yang baik untuk misi eksplorasi ruang angkasa.
-Bumi sebenarnya tidak berbentuk bundar; sebenarnya itu geoid. Ini berarti bahwa bentuk bundar memiliki tonjolan kecil ke arah khatulistiwa. Jadi apa yang menyebabkan bentuk geoid ini? Ini terjadi semata-mata karena rotasi Bumi yang menyebabkan tonjolan di sekitar khatulistiwa.
- Bumi miring sekitar 66 derajat.
-Hanya 3% air bumi segar, sisanya 97% asin. Dari 3% itu, lebih dari 2% dibekukan dalam lapisan es dan gletser. Berarti kurang dari 1% air tawar ditemukan di danau, sungai dan bawah tanah.
-Benua Asia mencakup 30% dari total luas daratan bumi, tetapi mewakili 60% populasi dunia.
-Setiap musim dingin ada sekitar 1 septillion (1, 000, 000, 000, 000, 000, 000, 000, 000, atau satu triliun triliun) kristal salju yang jatuh dari langit.

No comments

Powered by Blogger.