Fakta Mars

Mars
Mars adalah planet keempat dari Matahari dan merupakan planet terkecil kedua di tata surya. Dinamai setelah dewa perang Romawi, Mars juga sering digambarkan sebagai "Planet Merah" karena penampilannya yang kemerahan. Mars adalah planet terestrial dengan atmosfer tipis terutama terdiri dari karbon dioksida.

Fakta tentang Mars

  • Mars dan Bumi memiliki luas daratan yang hampir sama.
    Meskipun Mars hanya memiliki 15% dari volume Bumi dan lebih dari 10% dari massa Bumi, sekitar dua pertiga dari permukaan Bumi ditutupi oleh air. Gravitasi permukaan Mars hanya 37% dari Bumi (artinya Anda bisa melompat hampir tiga kali lebih tinggi di Mars).
  • Mars adalah rumah bagi gunung tertinggi di tata surya.
    Olympus Mons , gunung berapi perisai, tingginya 21 km dan berdiameter 600 km. Meskipun telah terbentuk lebih dari milyaran tahun, bukti dari aliran lava vulkanik sangat baru-baru ini sehingga banyak ilmuwan percaya itu masih aktif.
  • Hanya 18 misi ke Mars yang berhasil.
    Hingga September 2014, ada 40 misi ke Mars , termasuk pengorbit, pendarat, dan penjelajah, tetapi tidak termasuk flybys. Kedatangan terbaru termasuk misi Mars Curiosity pada 2012, misi MAVEN, yang tiba pada 22 September 2014, diikuti oleh pengorbit MOM Mangalyaan dari Organisasi Penelitian Luar Angkasa India, yang tiba pada 24 September 2014. Misi berikutnya yang akan tiba adalah misi ExoMars dari Badan Antariksa Eropa, yang terdiri dari pengorbit, pendarat, dan penjelajah, diikuti oleh misi pendaratan robot NASA InSight, dijadwalkan diluncurkan pada Maret 2016 dan kedatangan yang direncanakan pada September 2016.
  • Mars memiliki badai debu terbesar di tata surya.
    Mereka bisa bertahan selama berbulan-bulan dan menutupi seluruh planet. Musimnya ekstrem karena jalur orbitnya yang elips (berbentuk oval) di sekitar Matahari lebih panjang daripada kebanyakan planet lain di tata surya .
  • Di Mars Matahari muncul sekitar setengah ukurannya seperti di Bumi.
    Pada titik terdekat dengan Matahari, belahan bumi selatan Mars condong ke arah Matahari, menyebabkan musim panas yang singkat dan sangat panas, sementara belahan bumi utara mengalami musim dingin yang singkat dan dingin: pada titik terjauh dari Matahari, belahan bumi utara Mars condong ke arah Matahari, menyebabkan musim panas yang panjang dan ringan, sementara belahan bumi selatan mengalami musim dingin yang panjang dan dingin.
  • Potongan Mars telah jatuh ke Bumi.
    Para ilmuwan telah menemukan jejak kecil atmosfer Mars di dalam meteorit yang dikeluarkan dengan keras dari Mars, kemudian mengorbit tata surya di antara puing-puing galaksi selama jutaan tahun, sebelum kecelakaan mendarat di Bumi. Ini memungkinkan para ilmuwan untuk mulai mempelajari Mars sebelum meluncurkan misi luar angkasa.
  • Mars mengambil namanya dari dewa perang Romawi.
    Orang Yunani kuno menyebut planet Ares, menurut nama dewa perang mereka; orang-orang Romawi kemudian melakukan hal yang sama, menghubungkan warna merah darah planet itu dengan Mars, dewa perang mereka sendiri. Menariknya, budaya kuno lainnya juga berfokus pada warna - bagi para astronom China itu adalah 'bintang api', sementara para imam Mesir memanggil 'Desher-nya', atau 'yang merah'. Mars warna merah dikenal karena batu dan debu yang menutupi permukaannya yang kaya akan zat besi.
  • Ada tanda-tanda air cair di Mars.
    Selama bertahun-tahun Mars telah dikenal memiliki air dalam bentuk es. Tanda-tanda pertama air menetes adalah garis-garis gelap atau noda di dinding kawah dan tebing yang terlihat pada gambar satelit. Karena atmosfer Mars, air ini harus asin untuk mencegahnya membeku atau menguap.
  • Suatu hari Mars akan memiliki cincin.
    Dalam 20-40 juta tahun ke depan, bulan terbesar Mars, Phobos akan terkoyak oleh gaya gravitasi yang mengarah pada penciptaan cincin yang dapat bertahan hingga 100 juta tahun.

Diagram Mars

Ukuran Mars dibandingkan dengan Bumi
Ukuran Mars dibandingkan dengan Bumi
Jarak Mars dari Matahari
Jarak Mars dari Matahari dan eksentrisitas orbit
Mars - Perbandingan BumiMarsBumi
Diameter:6.779 km12.742 km
Massa:6,39 × 10 ^ 23 kg5,97 × 10 ^ 24 kg
Bulan:21
Jarak dari matahari:227.943.824 km149.598.262 km
Panjang tahun:687 hari Bumi365.24 hari
Suhu:-153 hingga 20 ° C-88 hingga 58 ° C

Fitur Mars

Bulan

Mars memiliki dua bulan kecil, Phobos dan Deimos . Mereka ditemukan pada tahun 1877 oleh astronom Asaph Hall, yang menamai mereka dengan istilah Latin "takut" dan "panik". Bulan-bulan ini dianggap sebagai asteroid yang ditangkap dan merupakan salah satu satelit alami terkecil di tata surya.

Olympus Mons

Mars memiliki gunung berapi terbesar di tata surya - Olympus Mons. Ini mengukur sekitar 600 kilometer dan naik hampir 27 kilometer di atas medan sekitarnya. Ini adalah gunung berapi perisai yang dibangun oleh aksi lava yang mengalir terus-menerus selama jutaan dan jutaan tahun yang dimulai sekitar 3 miliar tahun yang lalu.
Olympus Mons adalah bagian dari kompleks gunung berapi yang terbentang di sepanjang dataran tinggi vulkanik yang disebut Tharsis Bulge. Seluruh wilayah ini terletak di atas hotspot, tempat di kerak planet yang memungkinkan magma dari dalam untuk mengalir keluar ke permukaan.

Valles Marineris

Valles Marineris adalah sistem ngarai yang luas di ekuator Mars. Panjangnya 4.200 kilometer dan, di beberapa tempat, dalamnya 7 kilometer. Di Bumi, itu akan menjangkau seluruh benua Amerika Utara dan sekitarnya.
Mars memiliki bentuk tektonik lempeng yang sangat primitif, dan aksi dua lempeng melewati satu sama lain mulai membelah permukaan sekitar 3,5 miliar tahun yang lalu. Itu mengatur panggung untuk pembentukan Valles Marineris.