Fakta Planet Venus

Fakta Venus


PROFIL PLANET VENUS

Diameter:12.104 km
Massa:4,87 × 10 ^ 24 kg (0,82 Bumi)
Bulan:Tidak ada
Jarak Orbit:108.209.475 km (0,73 AU)
Periode Orbit:225 hari
Suhu permukaan:462 ° C
Rekor Pertama:Abad ke 17 SM
Direkam oleh:Astronom Babilonia
Venus adalah planet kedua dari Matahari dan merupakan planet terestrial terbesar kedua Venus kadang-kadang disebut sebagai planet saudara Bumi karena ukuran dan massa yang sama. Venus dinamai dewi cinta dan keindahan Romawi.

Fakta tentang Venus

  • Venus tidak memiliki bulan atau cincin.
  • Venus hampir sebesar Bumi dengan diameter 12.104 km.
  • Venus dianggap terdiri dari inti besi pusat, mantel berbatu dan kerak silikat.
  • Sehari di permukaan Venus (hari matahari) akan tampak memakan waktu 117 hari Bumi.
  • Setahun di Venus membutuhkan 225 hari Bumi.
  • Suhu permukaan di Venus bisa mencapai 471 ° C.
  • Sehari di Venus berlangsung lebih dari satu tahun. 
    Dibutuhkan 243 hari Bumi untuk berputar satu kali pada porosnya (hari sidereal). Orbit planet di sekitar Matahari membutuhkan 225 hari Bumi, dibandingkan dengan 365 hari di Bumi. Sehari di permukaan Venus (hari matahari) membutuhkan 117 hari Bumi.
  • Venus berputar berlawanan arah dengan kebanyakan planet lain. 
    Ini berarti bahwa Venus berputar berlawanan arah dengan Matahari, ini juga dikenal sebagai rotasi retrograde. Salah satu alasan yang mungkin untuk ini mungkin tabrakan dengan asteroid atau objek lainnya.
  • Venus adalah objek paling terang kedua di langit malam. 
    Hanya Bulan yang lebih terang. Dengan besarnya antara -3,8 hingga -6,6 Venus begitu cerah sehingga dapat dilihat pada siang hari pada hari yang cerah.
  • Tekanan atmosfer di Venus adalah 92 kali lebih besar dari Bumi. 
    Karena asteroid kecil ini hancur ketika mereka memasuki atmosfernya, Venus tidak memiliki kawah kecil. Tekanan yang dirasakan di permukaan Venus setara dengan kedalaman di bawah laut di Bumi.
  • Venus sering disebut planet saudara Bumi. 
    The  Earth  dan Venus yang sangat mirip dalam ukuran dengan hanya perbedaan 638 km dengan diameter dan Venus memiliki 81,5% dari massa bumi. Keduanya juga memiliki inti pusat, mantel cair dan lapisan kulit.
  • Venus juga dikenal sebagai Bintang Fajar dan Bintang Sore. 
    Peradaban awal mengira Venus adalah dua tubuh yang berbeda. Ini disebut Fosfor dan Hesperus oleh orang Yunani, dan Lucifer dan Vesper oleh orang Romawi. Ketika orbit Venus di sekitar Matahari menyusul orbit Bumi, ia berubah dari yang terlihat setelah matahari terbenam menjadi terlihat sebelum matahari terbit. Para astronom Maya melakukan pengamatan rinci terhadap Venus sejak 650 Masehi.
  • Venus adalah planet terpanas di tata surya kita. 
    Suhu permukaan rata-rata adalah 462 ° C, dan karena Venus tidak miring pada sumbunya, tidak ada variasi musiman. Atmosfer padat sekitar 96,5 persen karbon dioksida memerangkap panas dan menyebabkan efek rumah kaca.
  • Sebuah studi rinci tentang Venus selesai pada tahun 2015. 
    Pada tahun 2006, pesawat ruang angkasa Venus Express dikirim ke orbit di sekitar Venus oleh Badan Antariksa Eropa. Awalnya direncanakan akan berlangsung selama lima ratus hari di Bumi, misi ini diperpanjang beberapa kali sebelum pesawat itu dideorbsi pada tahun 2015. Lebih dari 1.000 gunung berapi atau pusat vulkanik yang lebih besar dari 20 km telah ditemukan di permukaan Venus.
  • Rusia mengirim misi pertama ke Venus. 
    Wahana antariksa Venera 1 diluncurkan pada tahun 1961, tetapi kehilangan kontak dengan pangkalan. AS juga kehilangan wahana pertama mereka ke Venus, Mariner 1, meskipun Mariner 2 mampu melakukan pengukuran planet ini pada tahun 1962. Venera 3 milik Uni Soviet adalah kapal buatan manusia pertama yang mendarat di Venus pada tahun 1966.
  • Pada satu titik diperkirakan Venus mungkin surga tropis. 
    Awan tebal asam sulfat yang mengelilingi Venus membuat mustahil untuk melihat permukaannya dari luar atmosfernya. Hanya ketika pemetaan radio dikembangkan pada 1960-an, para ilmuwan dapat mengamati suhu ekstrem dan lingkungan yang tidak bersahabat.

    Diagram Venus

No comments

Powered by Blogger.