Fakta Planet Uranus

Fakta Uranus


Uranus adalah planet ketujuh dari Matahari . Itu tidak terlihat dengan mata telanjang, dan menjadi planet pertama yang ditemukan dengan menggunakan teleskop. Uranus terbalik dengan miring miring 98 derajat. Ini sering digambarkan sebagai "berguling-guling Matahari di sisinya."
Diameter ekuatorial:51,118 km
Diameter kutub:49.946 km
Massa:8,68 × 10 ^ 25 kg (15 Bumi)
Bulan:27 ( Miranda , Titania , Ariel, Umbriel & Oberon)
Dering:13
Jarak Orbit:2.870.658.186 km (19,22 AU)
Periode Orbit:30.687 hari (84,0 tahun)
Suhu permukaan:-197 ° C
Tanggal Penemuan:13 Maret 1781
Ditemukan oleh:William Herschel

Fakta tentang Uranus

  • Uranus secara resmi ditemukan oleh Sir William Herschel pada 1781.
    Terlalu redup untuk dilihat oleh orang dahulu. Pada mulanya Herschel mengira itu adalah sebuah komet, tetapi beberapa tahun kemudian itu dikukuhkan sebagai sebuah planet. Herscal mencoba membuat penemuannya yang diberi nama "Georgian Sidus" setelah Raja George III. Nama Uranus disarankan oleh astronom Johann Bode. Nama ini berasal dari dewa Yunani kuno Ouranos .
  • Uranus menyalakan sumbunya sekali setiap 17 jam, 14 menit.
    Planet ini berputar ke arah retrograde, berlawanan dengan cara  Bumi  dan kebanyakan planet lain berputar.
  • Uranus melakukan satu perjalanan mengelilingi Matahari setiap 84 tahun Bumi.
    Selama beberapa bagian orbitnya satu atau yang lain kutubnya menunjuk langsung ke Matahari dan mendapatkan sekitar 42 tahun sinar matahari langsung. Sisa waktu mereka dalam kegelapan.
  • Uranus sering disebut sebagai planet "raksasa es".
    Seperti raksasa gas lainnya  , ia memiliki lapisan atas hidrogen, yang bercampur helium. Di bawahnya adalah mantel "es, yang mengelilingi inti batu dan es. Atmosfer bagian atas terbuat dari air, amonia, dan kristal es metana yang memberi planet ini warna biru pucat.
  • Uranus mencapai suhu terdingin di planet mana pun.
    Dengan suhu atmosfer minimum -224 ° C Uranus adalah planet yang paling dingin di tata surya. Sementara Neptunus tidak sedingin Uranus, rata-rata di sana lebih dingin. Atmosfer atas Uranus ditutupi oleh kabut metana yang menyembunyikan badai yang terjadi di dek awan.
  • Uranus memiliki dua set cincin berwarna gelap yang sangat tipis.
    Partikel-partikel cincin itu kecil, mulai dari partikel berukuran debu hingga batu-batu besar. Ada sebelas cincin dalam dan dua cincin luar. Mereka mungkin terbentuk ketika satu atau lebih dari bulan-bulan Uranus hancur karena dampak. Cincin pertama ditemukan pada tahun 1977 dengan dua cincin luar ditemukan dalam gambar Hubble Space Telescope antara tahun 2003 dan 2005.
  • Bulan Uranus diberi nama sesuai dengan karakter yang diciptakan oleh William Shakespeare dan Alexander Pope.
    Ini termasuk Oberon, Titania dan Miranda. Semua adalah dunia beku dengan permukaan gelap. Beberapa adalah campuran es dan batu. Bulan Uranian yang paling menarik adalah Miranda; memiliki ngarai es, teras, dan area permukaan yang tampak aneh lainnya.
  • Hanya satu pesawat ruang angkasa yang terbang oleh Uranus.
    Pada tahun 1986, pesawat ruang angkasa Voyager 2 menyapu planet ini pada jarak 81.500 km. Ini mengembalikan gambar close-up pertama planet ini, bulan-bulannya, dan cincin.

Diagram Uranus




Ukuran Uranus dibandingkan dengan Bumi
Ukuran Uranus dibandingkan dengan Bumi



Jarak Uranus dari Sun
Jarak Uranus dari Matahari dan eksentrisitas orbita


No comments

Powered by Blogger.