Fakta Pluto


PROFIL PLANET DWARF PLUTO

Diameter:2.372 km
Massa:1,31 × 10 ^ 22 kg (0,17 Bulan)
Jarak Orbit:5.874.000.000 km (39.26 AU)
Periode Orbit:248,0 tahun
Suhu permukaan:-229 ° C
Bulan:5 ( Charon )
Tanggal Penemuan:18 Februari 1930
Ditemukan oleh:Clyde W. Tombaugh
Ditemukan pada tahun 1930, Pluto adalah planet kerdil terdekat kedua dengan Matahari dan pada satu titik diklasifikasikan sebagai planet kesembilan. Pluto adalah planet kerdil terbesar tetapi hanya yang paling masif kedua, dengan Eris yang paling masif.

Diagram Pluto


Fakta tentang Pluto

  • Pluto diberi nama setelah dewa Romawi dari dunia bawah.
    Ini diusulkan oleh Venetia Burney, seorang siswi berusia sebelas tahun dari Oxford, Inggris.
  • Pluto direklasifikasi dari satu planet ke planet kerdil pada tahun 2006.
    Inilah saat IAU meresmikan  definisi sebuah planet  sebagai “Planet adalah benda langit yang (a) berada di orbit di sekitar Matahari, (b) memiliki massa yang cukup untuk gravitasi diri untuk mengatasi kekuatan tubuh yang kaku sehingga mengasumsikan bentuk keseimbangan hidrostatik (hampir bulat), dan (c) telah membersihkan lingkungan di sekitar orbitnya. "
  • Pluto ditemukan pada 18 Februari 1930 oleh Observatorium Lowell.
    Selama 76 tahun antara Pluto ditemukan dan saat itu direklasifikasi sebagai planet kerdil yang diselesaikannya di bawah sepertiga orbitnya mengelilingi Matahari.
  • Pluto memiliki lima bulan yang dikenal.
    The  bulan  yang Charon (ditemukan pada tahun 1978,), Hydra dan Nix (baik ditemukan pada tahun 2005), Kerberos awalnya P4 (ditemukan 2011) dan Styx awalnya P5 (ditemukan 2012) sebutan resmi S / 2011 (134.340) 1 dan S / 2012 ( 134340) 1.
  • Pluto adalah planet kerdil terbesar.
    Pada satu titik dipikir ini mungkin Eris. Saat ini pengukuran yang paling akurat memberikan Eris diameter rata-rata 2.326 km dengan margin kesalahan 12km, sedangkan diameter Pluto adalah 2.372 km dengan margin kesalahan 2km.
  • Pluto adalah sepertiga air.
    Ini dalam bentuk es air yang lebih dari 3 kali lebih banyak dari air di semua samudera di Bumi, dua pertiga sisanya adalah batu. Permukaan Pluto ditutupi dengan es, dan memiliki beberapa jajaran gunung, daerah terang dan gelap, dan hamburan kawah.
  • Pluto lebih kecil dari sejumlah bulan.
    Ini adalah Ganymede, Titan, Callisto, Io, Europa, Triton, dan  bulan Bumi . Pluto memiliki 66% diameter bulan Bumi dan 18% massanya. Sementara sekarang dikonfirmasi bahwa Pluto adalah planet kerdil terbesar selama sekitar 10 tahun diperkirakan bahwa ini adalah Eris.
  • Pluto memiliki orbit yang eksentrik dan cenderung.
    Ini membawanya antara 4,4 dan 7,3 miliar km dari Matahari yang berarti Pluto secara berkala lebih dekat ke Matahari daripada Neptunus.
  • Pluto telah dikunjungi oleh satu pesawat ruang angkasa.
    The  New Horizons  pesawat ruang angkasa yang diluncurkan pada tahun 2006, terbang dengan Pluto pada tanggal 14 Juli 2015 dan mengambil serangkaian gambar dan pengukuran lainnya. New Horizons  sekarang dalam perjalanan ke Sabuk Kuiper untuk menjelajahi objek yang lebih jauh.
  • Lokasi Pluto diprediksi oleh Percival Lowell pada tahun 1915.
    Prediksi ini berasal dari penyimpangan yang awalnya ia amati pada tahun 1905 di orbit Uranus dan Neptunus.
  • Pluto terkadang memiliki suasana.
    Ketika orbit elips Pluto membawanya lebih dekat ke Matahari, permukaan esnya mencair dan membentuk atmosfer tipis terutama nitrogen yang perlahan-lahan keluar dari planet ini. Ia juga memiliki kabut metana yang membentang sekitar 161 kilometer di atas permukaan. Metana dipisahkan oleh sinar matahari menjadi hidrokarbon yang jatuh ke permukaan dan melapisi es dengan penutup gelap. Ketika Pluto melakukan perjalanan jauh dari Matahari, atmosfer kemudian membeku kembali ke kondisi semula.
Gambar Pluto - www.nasa.gov/image-feature/global-mosaic-of-pluto-in-true-color